Tuesday, July 28, 2015

Skema Layout PCB OCL 500Watt

Skema dari Pengembangan dari modifikasi OCL 150Watt
http://adf.ly/1LY5r9

3 transistor yang dibaut di papan PCB tidak panas, hanya model saja. Pada awal pendesainan pcb, tiga transistor ini dipasang di bawah pcb atau dibaut di main heatsink dan rangkaian diset mendekati kelas A. Tiga dioda base-base tadinya mau dijadikan sensor panas, tapi susah dipasang di heatsink. Jalur ground sebaiknya jangan disolder di pcb, t
api dikaki ground dua potensio volume (stereo), ini untuk menghindari dengung/hum.
http://adf.ly/1LY5xIhttp://adf.ly/1LY5tX

Output Daya...
Amplifier ini berdaya maksimum 500Watt rms dengan supply tegangan 45vct pada beban 2x speaker. Setara dengan PA3600w pada amplifier rakitan lain.

Penggunaan...
Di dalam dan di luar ruangan

Power supply...
Trafo dengan kekuatan arus minimal setengah dari nominal tegangannya, ini untuk mengimbangi beban 2x 4 ohm (4x speaker) seperti amplifier stereo standar profesional, misal trafo 40Vct 20Amper. Tegangan supply minimal 40vct, jika disearahkan akan menjadi lebih dari 50vdc, transitor-transistor power akan mengeluarkan tenaganya (lebih hidup) jika disuply dengan tegangan 50Vdc (40vct=vac).

Speaker...
2x 500Watt (12", 15") per mono blok amplifier, total speaker 4 unit untuk 1 stereo amplifier.
Disarankan untuk menggunakan speaker berdaya 500W (12", 15") sebanyak mungkin,
ini lebih efektif meningkatkan gain dari pada menggunakan speaker besar >1.000Watt (18", 21") dengan jumlah sedikit.

Tansistor Final...
Disarankan menggunakan seri sanken 3 set.
Terlalu banyak transistor final tanpa menambah kekuatan supply trafo dapat memperlemah dentuman bas dan suara kurang stabil, serak dll.

Hati-hati seri sanken banyak pemalsuan, misal sanken 2SC2922-5DY (kualitas tidak stabil dan tidak sesuai dengan harga). Transistor driver juga harus yang asli! Kalau hasil ada masalah seperti SERAK, resistor 300 terbakar dll ini bisa karena komponen PALSU. C4793 (karakter kurang dengan trafo standar) bisa diganti dengan TIP31C asli (berharap transistor buatan st memberi lebih dari spek yang tertulis) dengan syarat tegangan supply tidak lebih dari 45vct.

Resistor dan kapasitor tidak terlalu jadi masalah. Yang jadi masalah adalah kapasitor elektrolit, elko. Maaf rata-rata elko rubycon/marcon/nichicon (asli) kurang cocok diterapkan sini, karena dia lebih cocok kerja di arus dc, yang cocok untuk ini adalah elko merek nippon chemicon (tidak semua), dan elko lain yang stabil kerja di frekuensi audio/ac.

Hampir semua amplifier rakitan hanya berdaya asli 500Watt secara teoritis dan praktis
di atas kertas dan meja tes, tetapi secara power musik daya yang ditransfer ke speaker hanya beberapa puluh watt saja! Bukti: heatsink adem/tidak panas, suara sudah keras. Sesuaikan daya speaker dengan daya amplifier yang dipakai!

Karakter dan keistimewaan:
Hifi fullrange dengan gain bass 2~4 kali lipat dari amplifier biasa. Efektif untuk produksi bas seperti amplifier kelas-h & BTL.
Daun speaker lebih stabil, tidak terlalu maju dan tidak terlalu mundur walaupun terkena guncangan bass, harapan speaker dan power transitror lebih awet.
Nilai-nilai komponen sudah diset sedemikian rupa sehingga tenaga trafo lebih efisien. Tenaga trafo tidak terbuang sia-sia, tidak berubah menjadi dengung/sinyal liar/osilasi, dll.
Suara bisa menempuh jarak jauh di lapangan karena mempertimbangkan efek doppler.
Dengan pemasangan model 2 trafo di bawah ini (pengetesan 2013), sinyal hp tidak masuk sedikitpun saat ada sms/panggilan masuk walaupun hp disimpan di atas trafo, ini salah satu keistimewaan, amplifier built-up belum tentu.

OCL versi onsemi TO-3:
Mampu dibebani speaker sampai 4 unit/ch, transistor jengkol on/mexico tidak panas, yang panas itu jengkol st malaysia
http://adf.ly/1LY64g

Kit driver = pcb + komponen, belum tr final
http://adf.ly/1LY66j

Versi Sanken:
Mampu dibebani speaker sampai 3 unit/ch
http://adf.ly/1LY68f
Stereo dengan toroid rakitan:
http://adf.ly/1LY6AC
Trafo cikapundung Bandung:
 http://adf.ly/1LY6Bw 
 Saya sudah rakit dua buah Power Ocl Modif, ( A ) Memakai 2 buah Trafo Era 20 Amp di seri Ct. 64 Vol, Elco 15.000 uf/ 80 Vol samping kanan 4 buah disambung seri 160 Vol,sebelah kiri 4 buah Elco yang sama, Speaker 18 " 2 buah, ( B ) Power Untuk Mid Trafo 20 Amp Era Ct 45 Elco 4 buah 15.000 uf/ 100 Vol. Elco resonansi 22 Uf/ 50 Vol, diganti 10 uf/ 50 Vol Speaker 12 " 4 buah utk out door Suara Dahsyat Menggelegar, Low Mid keluar semua
Q indra dri bwi,,, mslhqu yg kmren dh terasi tntng TR MJE yg pnas
trnyata penybabnxa karna pcb powerr driver q kasih ground ct dri elco supply, yg shrusxa ground trsbt hrs disolder di potensio volume power. Stlah q pindah groundxa ke potensio panas TR MJE jdi normal, dn ckrng q dh sucses menaikkan tegangn 90volt vdc, dngn britge 32 32 ( 64 vct )
6 set c 5200 istrinx...
Untk mengangkat spiker 15" 4bji 12 " bji suara bass makin mantabb dan mid high makin jernih, pdhal volume power q putar serah jm 2
daun spiker brgerak normal, lemparan suaranx makin jauh
kelbihan OCL SUPER 500WT yg lainxa,...
Apbila pertama kali menghidupkan power tidak ad sama sekali bunyi ( DUG ) pdhl q pakai 90volt vdc
kit driver lain blum tentu bisa, harus pakai protec untuk mnghilagkn bunyi dug..


Kmren q kn dh succes menaikkn tegangan 32 32 64 vct( 90vdc)
trs kmren teganganxa q naikkn lg dngan britge travo 47 25 = 72vct ( 105volt VDC)
pertama kali sih takut q q ms, takut nyetrum hahaha,...
Tpi q cobak membranikan dri setlah kabel dri trvo q solder trs power q hidupkn tanpa musik, dengan hati2 suplly travo q ukur,dn jarum avo mnunjukkn angka 105 volt, stlah itu tr mje q pegang, trnyata panasxa normal2 saja hehehe...
Dn akhirxa input power q kasih musik, volume power q putar arah jam 2. Hasil suaranxa bgt dahsyat, bass bulet mantabb, middle, high jelas dan jernih, dri deket suaranxa gk bgt keras tpi klo tambah jauh suaranxa makin mantabb, dan jernih hehehe...
Trs hari raya 2 hari kemaren q tes diluar ruangan pakek spiker 15" 2 bji 18" 1 bji 12" 2bji, khusus 12" q seri, perangkat mixer 4 chanel ngrakit sndri plus audio prosessor
rencna hbs nie q tambahin BBE.
Suaranxa q puas bngt ms sani,
stelah 3 jm tr mje nxa q pegang panasxa ttp normal saja..
Makin jatuh cinta nie sama SUPER OCL 500WT buatan ms sani hehehe.......
Q pakek travo 15A
kiprok 35A 2bji q pararel
elco 10.000 125volt 8 bji
c 5200 pasangaxa 6 set... 

Ass.. OCL Modif ini kemarin sdh saya coba untuk sholat Idul Fitri di lapangan tebuka ( Lap. sepak bola ) Power ( A ) Dua buah Power memakai Trafo 20 Amp 2 buah seri CT 64 V satu power utk spkr 18 " 2 x sebelah kanan, sebelah kiri memakai Power serta Spiker 18" 2 x yang sama, Power ( B ) dua buah Power 20 Amp CT 45 V utk 12" 2x sebelah kanan 12" 2x sebelah kiri, ditambah 1 Power modif untuk 2 buah Speaker Toa / Corong, memakai Mixer Yamaha 24 Chanel Equaliser DBX Effek vokal Allesis, Dipakai lagi untuk Acara Syawalan Live Musik Hadroh Dengan Power, Spiker, Mixer, Aqualizer, Effek Vokal yang sama tdk memakai Corong Toa, Dengan Undangan 500 sampai 700 orang Suaranya Dahsyat sdh mencukupi

16 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mas, saya adi dari tulungagung jatim.
    "untuk tegangan biasnya normalnya berapa?? saya pakek tr drver tip31 32. v45 vac trafo 15 A terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas adi kalau dah dapat ilmunya bagi2 ya?share di emailq bocahilanx@yahoo.com salam perbatasan trenggalek tulungagung

      Delete
  3. salam knal ms sani...tolong jwb sya merakit power kit sampean ko tr mje panas trus volumenya klo di buka bru seper empat da suara dengung tuh apanya yg perlu di opek,,,trims...!!!

    ReplyDelete
  4. Mas klo power bell 500watt stereo pake speaker audax 12inch 150watt gak bakalan jebol speakernya

    ReplyDelete
  5. Mas klo power bell 500watt stereo pake speaker audax 12inch 150watt gak bakalan jebol speakernya

    ReplyDelete
  6. mas cara pesen ocl 500 watt gmana n harganys berapa

    ReplyDelete
  7. mas cara pesen ocl 500 watt gmana n harganys berapa

    ReplyDelete
  8. Mas,,,minta saran ,saya punya power blazer 2 x 500 watt make trafo 1 bh..20A untuk 2 power (2x500w) bisa optimal suaranya gk kira"??sy lom faham electro tpi cuma hoby,,,mks!

    ReplyDelete
  9. SAYA RAKIT POWER BOOM SONIC 1600 WAT
    16 SET TR FINAL TRAFO 50 AMPER 56V CT 56V
    ELKO 15000UF/200V = 8 BIJI + DIODA PETAK
    INPUT BLM PAKAI BBE ATAU SEJENISNYA
    SPEKER 18 INCI ACR 2X SUARA BAS MASIH
    KURANG.APALAGI OCL YG 500 WATT SAYA NGAK
    YAKIN DENGAN SUARANYA

    ReplyDelete
  10. GEBYAR PROMO TERBARU Aman Dan Murah Bebas Resiko,.
    Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor.
    dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.MINAT HUB / SMS 0857-3112-5055.KLIK WEB RESMI KAMI http://alpha-shopelektronik.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000

    ReplyDelete
  11. Power ocl modifikasi dengan voltase 56 volt 20 amper dengan tr final 4 set tr mexico hasil nya mantap mampu mendorong speaker 15" 2 dan 12"4bh suara bass dan midd keluar

    ReplyDelete