Tuesday, January 1, 2013

Rangkaian Amplifier Spirit

Rangkaian Amplifier Spirit



Rangkaian amplifier built-up yang cukup bagus tidak selalu rumit. Ini ada rangkaian amplifier yang saya gambar dari hasil melihat kitnya langsung, amplifier milik kang Dot. Rangkaian ini cukup sederhana, yang paling rumit ternyata ada di pre-amp dan protektornya.

Cara kerja rangkaian...
Rangkaian op-amp stage 1 adalah jantung rangkaian, stage input dengan kekuatan yang cukup untuk mendrive power transistor. Sensor1 & 2 bisa berupa ntc yang menempel di main heatsink, ini adalah optional jadi bisa dihilangkan, fungsinya untuk menurunkan nilai tegangan bias jika heatsink panas berlebihan. Tidak ada trimpot bias, sebagai gantinya R6 & R8 membagi tegangan sehingga didapatkan <=0.6v pada kaki basis tr driver. Jika tegangan ini lebih sedikit saja transistor driver bisa rusak dan bisa memicu transistor final rusak secara berjamaah/ berpasangan. Transistor ini sudah biasa sering rusak, tetapi setelah diganti dengan sanken, aman-aman saja. Beginilah resiko dari amplifier yang menghentak tanpa limiter.

Sepasang transisitor driver Q1 & Q2 adalah transistor utama amplifier, sedangkan ke-3 pasang transistor yang lain membentuk mode rangkaian current dumping sehingga akan bekerja jika ada sinyal (terutama bass). Pemasangan final transistor seperti ini ada di Blazer, hercules, Eti300w/Raksasa baru. Perancangan seperti ini didesain untuk menghasilkan nada bass yang menghentak, soal kejernihan suara itu nomor dua, tetapi di sini transistor driver sudah bekerja di kelas A.

Panas yang dihasilkan cukup sedikit karena memakai mode ini (current dumping) ditambah lagi dengan jumlah final/power transistor yang lebih dari satu pasang. Saya biasa menggunakan jumlah final transistor minimal 2 pasang untuk menghindari panas ini. Pemasangan resistor beban tetap harus ada di kaki emitor. R16 dan C4 biasanya bertujuan untuk menstabilkan (mengurangi) frekuensi ultra treble.

Semua transistor menggunakan Sanken. Supply 63V ct 800VA toroid. Kapasitor reservois menggunakan 2x 10.000uF/100V untuk stereo

Perkiraan daya...
500W rms pada 8 ohm dan 1000W pada 4 ohm, tetapi supply trafo hanya terbatas di 800VA. Bingung dengan output power ini? Jangan terlalu dipikirkan yang lebih penting dari itu adalah loud speaker dan supply tidak ngedrop. Dengan supply trafo sebesar itu cukup puas mendrive speaker 18".

Kalau mungkin saya salah gambar, R4-220k dipasang paralel dengan C2-68pF

sumber: audio kreatif www.elektronikakreatif.blogspot.com 2012/1

No comments:

Post a Comment